السبت، 2 فبراير 2013

Operating System



Pengertian Operating System Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Operating System , atau biasa di singkat dengan OS.
Operating System komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Operating System Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain
Operating System terbagi atas 2 yaitu :
1.      Open Source merupakan gabungan dari kata Open yang berarti terbuka, dan Source yang berarti Kode/Sumber. Jadi, Open Source merupakan suatu istilah untuk perangkat lunak yang memberikan kebebasan kode programnya untuk dilihat, diketahui sistem kerjanya, dan dimodifikasi oleh orang lain.
Dan biasanya software Open Source itu dapat diperoleh dengan Gratis tanpa perlu mambayar lisensi. Namun ketika melakukan modifikasi atau perbaikan, kita juga harus berpegang dengan Kode Etik. Tidak boleh software yang telah kita edit tersebut lalu kita akui milik kita tanpa menyertakan sumbernya.
Baik, jika kita sudah mengetahui tentang pengertian open source, selanjutnya kita akan membahas tentang pengertian Sistem Operasi Open Source. Jadi, Sistem Operasi Open Source itu merupakan sistem operasi yang kode program dari sistem operasi tersebut dapat dibuka dan dilihat dan dikembangkan oleh pihak lain selain pembuat sistem operasi tersebut.
Manfaat dari Operating System Open Source ini tentunya lebih banyak, karena dengan terbukanya kode-kode program tersebut maka banyak pengembang-pengembang yang dapat mengelola dan mengupdate fitur-fitur Sistem Operasi tersebut, sehingga tidak terpaku pada pembuat sistem operasi tersebut.
Contoh  Operating System Open Source yang telah banyak digunakan adalah Linux dan yang sekarang ini lagi tenar di Indonesia adalah Garuda OS.
Linux sendiri memiliki beberapa variant seperti Ubuntu, Mandriva, Open Suse, Debian, dll.
Di Indonesia sendiri telah banyak pihak-pihak yang telah mengembangkan Sistem Operasi Open Source, contoh hasil Sistem Operasi yang telah dikembangkan adalah BlankOn, Tajdid Linux, dll.
2.      Operating System close source
close source adalah kebalikan dari open source. close source adalah suatu software yang kode sourcenya tidak dipublikasikan, contohnya adalah Microsoft Windows, (Bukan berarti closed source disini bahwa hanya Bill Gate saja yang tahu kode sumber dari OS Windows, dan hanya dia yang melakukan pengembangan sendirian sampai hari ini, namun kenapa masih dikatankan close soure? hal ini dikarenakan kode sourcenya tidak di publikasikan ke umum dan hanya diketahui oleh pegawai-pegawainya saja atau hanya kelompok tertentu saja yang tahu, yang dalam hal ini hanya pihak perusahaan Microsoft). 
Close Source merupakan salah satu software perangkat lunak dipublikasikan tanpa kode sumber.
Secara umum, itu berarti hanya binari dari program komputer didistribusikan dan lisensi tidak memberikan akses ke program kode sumber . Kode sumber dari program tersebut dapat dianggap sebagai rahasia dagang perusahaan . Akses ke kode sumber oleh pihak ketiga umumnya memerlukan partai untuk menandatangani perjanjian non-disclosure.

    Pada umumnya program komputer memiliki lisensi atau Hak Cipta yang melindungi hasil ciptaan itu dari penggunaan yang tidak adil oleh orang lain. Namun kebanyakan lisensi yang ada sekarang ini khususnya untuk program komputer yang Close Source mencantumkan klausul-klausul yang menempatkan pembeli atau pengguna pada posisi yang sangat lemah.



   Software dalam kategori ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa
bagian :
  •   Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows .
  •   Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal .
  •   Web Browser, contoh : Internet Explorer .
  •  Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw .
  •  Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office .
  •   Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .
  •   Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .
  Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderman .

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق